Jumat, 12 Juli 2019

KOMPONEN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR


“Artikel ini dibuat untuk tugas mata kuliah Strategi Belajar Mengajar

Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai suatu peranan yang sangat penting untuk menjamin berkembangnya dan kelangsungan hidup bangsa yang bersangkutan.

Dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945, alenia keempat tercantum salah satu tujuan pendidikan nasional kita, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu GBHN mengamanatkan agar mutu pendidikan haarus ditingkatkan. Kebijuakan ini merupakan strategi dasar pendidikan nasional dalam usaha menjaga ketertinggalan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menunjang pembangunan bangsa.

Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan akan terlihat dari usaha pembaharuan dan penyempurnaan pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan disahkannya Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional serta usaha yang terus menerus untuk memperbaiki dan penyempurnaan kurikulum. Karena kegiatan tersebut menyangkut peserta didik, maka dalam pelaksanaanya harus bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah taman belajar yang menyenangkan.




Apa sih Strategi Belajar Mengajar itu?

Strategi belajar-mengajar, menurut J.R. David dalam Teaching Strategies for College Class Room (1976) ialah aplan, method, or series of activities designe to achicves a particular educational goal (P3G, 1980). Menurut pengertian ini strategi belajar-mengajar meliputi rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu.
Untuk melaksanakan strategi tertentu diperlukan seperangkat metode pengajaran. Strategi dapat diartikan sebagai aplan of operation achieving something “rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu”. Sedangkan metodenya adalah a way in achieving something “cara untuk mencapai sesuatu”. Untuk melaksanakan suatu strategi digunakan seperangkat metode pengajaran tertentu. Maka metode pengajaran menjadi salah satu unsur dalam strategi belajar mengajar.

Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, organisasi, waktu tersedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan komponen-komponen yang mendukung strategi belajar-mengajar.

1.      Tujuan pengajaran
Tujuan pengajaran merupakan acuan yang dipertimbangkan untuk memilih strategi belajar-mengajar.

2.      Guru
Masing-masing guru berbeda dalam pengalaman, pengetahuan, kemampuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar, pandangan hidup dan wawasan. Perbedaan ini mengakibatkan adanya perbedaan dalam pemilihan strategi belajar mengajar yang digunakan dalam program pengajaran.

3.      Peserta didik
Dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, hal ini perlu dipertimbangkan dalam menyusun strategi belajar mengajar yang tepat

4.      Materi pelajaran
Materi pelajaran dapat dibedakan antara materi formal (isi pelajaran dalam buku teks resmi/buku paket di sekolah) dan materi informal (bahan-bahan pelajaran yang bersumber dari lingkungan sekolah)

5.      Metode pengajaran
Ada berbagai metode pengajaran yang perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar.

6.      Media pengajaran
Keberhasilan program belajar mengajar tidak tergantung dari canggih atau tidaknya media yang digunakan, tetapi dari ketepatan dan keefektifan media yang digunakan.
7.      Faktor administrasi dan finansial
Terdiri dari jadwal pelajaran, kondisi gedung dan ruang belajar.



“Itulah penjelasan singkat mengenai  dasar Sistem Pendidikan Nasional dan komponen-komponen dalam sistem belajar mengajar,, Untuk kritik dan saran silahkan isi di kolom komentar di bawah,, Terima Kasih,”

22 komentar:

  1. Luar biasa, makasih pa. Jangan lupa mampir
    https://aardabili.blogspot.com/2019/07/strategi-pembelajaran-eksperensial.html?m=1

    BalasHapus