Senin, 14 Juni 2021

 

Mata Kuliah                : Dasar Dasar Komputer

Nama Dosen               : Asnawi, S.Kom , M.Pd

Hari/Tanggal               : Sabtu, 12  Juni  2021

Nama Mahasiswa        : Ilham Alholid

NPM                           : 184110056


1. Perkembangan  komputer  

 Pengertian Komputer

Komputer berasal dari kata bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Sejarah komputer tidak lepas dari sejarah alat hitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sekarang, komputer adalah satu perangkat elektronik yang dapat menerima data masukan, memproses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.



Generasi Komputer.

1.       Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940

 Dahulu, manusia menggunakan jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu hingga sepuluh. Setelah itu, manusia mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas dari 0 hingga 9. Sistem bilangan ini disebut bilangan perpuluhan atau desimal. Jari-jaridigunakan untuk menambah dan mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam perniagaan barter. Apabila perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak dapat menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit. Perkembangan selanjutnya

adalah alat yang digunakan oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani. Mereka menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh William Leibnitz.

Mesin hitung mekanik buatan Blaise Pascal pada tahun 1642Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat alat yang disebut ‘the difference engine’. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika seperti logaritma secara mekanik dengan tepat hingga ketepatan dua puluh digit. Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melakukan perhitungan secara otomatis, dan

menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuat alat yang disebut ‘the analytical

engine’. Kedua alat yang dibuat Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada saat ini. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang diidekan oleh Babbage, yaitu

masukan memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.

2.       Perkembangan Komputer setelah Tahun 1940

Komputer yang kita gunakan pada saat ini telah mengalami perkembangan lebih dari 60 tahun yang lalu. Sejarah perkembangan komputer modern bermula sejak tahun 1940. Pembagian computer modern terdiri atas 5 generasi.

a.       Generasi Pertama (1940–1959)

Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya. Komputer generasi pertama belum dapat memproses masalahmasalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memroses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasikan komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secara cepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama (main frame). Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

b.      Generasi Kedua (1959–1964)

Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetic menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibanding generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil (komputer mini). Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada generasi ini adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.

c.       Generasi Ketiga (1964–1980)

Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil (komputer mini) sehingga lebih menghemat ruang. Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, IBM PC, dan NEC PC.

d.      Generasi Keempat (1980–sekarang)

Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar atau Very Large Scale Integration (VLSI). Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta

main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super (super computer). Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasi keempat. Bahasa-bahasa program tersebut merupakan bahasa yang paling populer untuk komputer mikro. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop mulai diperkenalkan. Komputerkomputer tersebut lebih kecil dari komputer mikro serta mudah dibawa ke manamana. Komputer mikro juga dapat dihubungkan oleh jaringan internet.

e.      Generasi Kelima

Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena computer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks. Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu yang bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Sumber : Buku Informatika kelas 7

• Putranto Kharisma Adhi Kusumo, S.Kom.

• Muhammad Firman Suwarya, M.Kom.

• Acep Syaripudin, S.Pd.

• Wiwin Sabayanti, S.Pd, S.T.

• A.M. Bayhaqi

• Asep Sugandi, S.E.

• Muh. Nurfajar Muharom, S.Pd.I.





2. Langkah-langkah membuat blog dan YouTube

Cara Membuat Blog

1. Pertama, akses https://www.blogger.com/

2. Lalu masuk ke Blogger dengan menggunakan akun Google pengguna

3. Di sebelah kiri situs, klik tanda panah ke bawah

4. Klik New blog

5. Masukkan nama untuk blog pengguna sesuai yang diinginkan

6. Klik Next

7. Pilih alamat atau URL blog sesuai yang pengguna inginkan

8. Klik Save



Blog pengguna secara otomatis akan dibuat. Pengguna dapat mengelola blog sendiri atau menentukan siapa saja yang dapat mengedit dan membaca blog pengguna. Pengguna juga dapat memilih bagaimana blog pengguna terlihat.

Pengguna dapat menambahkan halaman ke blog yang berisi About atau Contact. Halaman dapat muncul di blog pengguna sebagai tab di bagian atas atau tautan di samping.

Dalam menulis blog di Blogspot, pengguna pun dapat mengedit, menghapus, dan mengelola tulisan. Dalam satu unggahan blog, pengguna juga dapat menambahkan gambar dan video. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengelola kolom komentar pada bagian bawah blog.




Cara Membuat Chanel Youtube
Cara membuat channel Youtube melalui PC bisa dilakukan dengan mudah. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kamu harus miliki akun Google.
Alasannya karena Youtube terintegrasi dengan Google, maka tentunya kamu harus miliki akun Google terlebih dahulu agar dapat bisa masuk serta upload video.
Berikut ini cara membuat channel Youtube dari PC via akun Google :
1. Buka situs https://www.youtube.com/ di browsermu.
2. klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Googlemu.
3. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.
4. Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.
5. Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom agar kamu bisa menentukan nama Channel YouTubemu sendiri.
6. Setelah itu masukkan nama channel yang ingin kamu buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.
7. Channel YouTube sudah berhasil dibuat.
8. Kamu bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.
9. Setelah semuanya selesai kamu bisa mulai mengunggah video kreatifmu.


3. Software, Hardware dan Brainware
A. Software dan Fungsinya
Pengertian Software Adalah
Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan software (perangkat lunak)? Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Ada juga yang menyebutkan pengertian software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.

1. Google Chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
2. Mozilla Firefox (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
3. Microsoft Office Word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen).
4. Microsoft Office Powerpoint (fungsinya untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
5. Microsoft Excell (fungsinya kurang lebih sama dengan Microsoft Word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen).
6. CorelDraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
7. Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto/gambar).
8. Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).


B. Hardware dan Fungsinya
1. Motherboard :Sebagai papan sirkuit utama yang sebagai penghubung komponen harware lainnya.
2. Power Supply, sebagai penyedia daya untuk digunakan motherboard.
3. Processor sebagai pemroses data/otak dari komputer.
4. RAM untuk menyimpan data yang dibutuhkan CPU secara acak dan sementara. Data akan hilang jika komputer dimatikan.
5. ROM (memori pada komputer) untuk menyimpan data lebih lama dibandingkan dengan RAM. ROM ini berhubungan dengan BIOS komputer
6. Hard Disk Drive sebagai perangkat penyimpan data pada komputer.
7. DVD/CD ROOM untuk membaca dan menulis data ke media CD/DVD.
8. Keyboard sebagai papan ketik pada komputer/PC atau laptop.
9. Mouse sebagai penunjuk atau kursor arah.


C. Brainware dan Fungsinya
1.Operator Komputer
Bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang dapat berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti langkah instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum maupun selamaprogram itu sedang berjalan.
2.Teknisi
Merupakan seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala hal/jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai skill pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan lain sebagainya.
3.Trainer
Merupakan seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan ilmu lebih banyak di banding yang lainnya, atau Brainware ini bertanggung jawab untuk dapat mendidik atau mengajar di bidangnya.
4.Konsultan
Adalah Brainware yang akan bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal di dalam bidangnya.
5.Project Manager
adalah Brainware yang akan bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu.
6.Programmer
Bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat akan memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7.Graphic Designer
Seorang Brainware yang berpengetahuan skill di dunia Design Grafis atau juga mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.


4. Cara Membuat Video Pembelajaran di Youtube
1. Membuat Konsep Video dengan Matang
Sebelum memutuskan untuk membuat video pembelajaran yang akan membuat Anda semakin antusias dalam belajar, ada baiknya untuk membuat konsep. Konsep yang matang ini akan menentukan keberhasilan dari video yang akan dibuat. Kalau video dibuat asal-asalan, materi tidak akan tersampaikan dengan baik.
2. Belajar Mengedit Video
Konten pembelajaran dengan video memang tidak mudah dibuat dan dibutuhkan dedikasi yang tinggi kalau Anda ingin membuatnya. Beberapa aplikasi edit video bisa digunakan seperti Adobe Premiere CS6 atau yang saya gunakan adalah SONI VEGAS PRO 15. Anda bisa mempelajari aneka tahap belajar edit video di Youtube.
3. Mengevaluasi Video yang Telah Dibuat
Setelah membuat video yang dibutuhkan untuk pembelajaran, jangan langsung gunakan. Anda bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Evaluasi apa saja yang masih kurang dan harus ditambahkan. Setelah melalui evaluasi dan edit beberapa kali barulah media bisa digunakan.
4. Upload di youtube 
Setelah jadi, video dapat di unggah di kanal youtube yang telah dibuat sebelumnnya.

Itulah cara-cara membuat video pembelajaran di kanal youtube.



5. Perkembangan setelah sesudah mempelajari dasar-dasar komputer.
Alhamdulillah setelah mempelajari dapat menambah ilmu tentang komputer dan dapat menerapkannya di Pembelajaran disekolah..

terima kasih kepada Bapak Asnawi, S.Kom , M.Pd
yang telah memberikan ilmu dan masukan-masukan agar saya dan teman-teman semua dapat berkembang menjadi lebuh baik lagi..
sekian.....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar